Fast Response

Whats'up 082242433432
Pin BB 56d4728f
Call 6282137593321
Line pusatdataid.com
YM jelly_jony

F-22 Raptor US











-22 Raptor adalah pesawat tempur siluman buatan Amerika Serikat. Pesawat ini awalnya direncanakan untuk dijadikan pesawat tempur superioritas udara untuk digunakan menghadapi pesawat tempur Uni Soviet, tetapi pesawat ini juga dilengkapi peralatan untuk serangan darat, peperangan elektronik, dan sinyal intelijen. Pesawat ini melalui masa pengembangan yang panjang, versi prototipnya diberi nama YF-22, tiga tahun sebelum secara resmi dipakai diberi nama F/A-22, dan akhirnya diberi nama F-22A ketika resmi mulai dipakai pada Desember 2005. Lockheed Martin Aeronautics adalah kontraktor utama yang bertanggungjawab memproduksi sebagian besar badan pesawat, persenjataan, dan perakitan F-22. Kemudian mitranya, Boeing Integrated Defense Systems memproduksi sayap, peralatan avionik, dan pelatihan pilot dan perawatan.

Sejarah
YF-22, pesawat pengembangan yang menjadi dasar untuk pembuatan F-22.

Advanced Tactical Fighter (ATF) merupakan kontrak untuk demonstrasi dan program validasi yang dilakukan Angkatan Udara Amerika Serikat untuk mengembangkan sebuah generasi baru pesawat tempur superioritas udara untuk menghadapi ancaman dari luar Amerika Serikat, termasuk dikembangkannya pesawat kelas Su-27 era Soviet.

Pada tahun 1981, Angkatan Udara Amerika Serikat memetakan syarat-syarat yang harus dipenuhi sebuah pesawat tempur baru yang direncanakan untuk menggantikan F-15 Eagle. ATF direncanakan untuk memadukan teknologi modern seperti logam canggih dan material komposit, sistem kontrol mutakhir, sistem penggerak bertenaga tinggi, dan teknologi pesawat siluman.

Proposal untuk kontrak ini diajukan pada tahun 1986, oleh dua tim kontraktor, yaitu Lockheed-Boeing-General Dynamics dan Northrop-McDonnell Douglas, yang terpilih pada Oktober 1986 untuk melalui fase demonstrasi dan validasi selama 50 bulan, yang akhirnya menghasilkan dua prototip, yaitu YF-22 dan YF-23.

Pesawat ini direncanakan untuk menjadi pesawat Amerika Serikat paling canggih pada awal abad ke-21, karena itu, pesawat ini merupakan pesawat tempur paling mahal, dengan harga US$120 juta per unit, atau US$361 juta per unit bila ditambahkan dengan biaya pengembangan.[1] Pada April 2005, total biaya pengembangan program ini adalah US$70 miliar, menyebabkan jumlah pesawat yang direncanakan akan dibuat turun menjadi 438, lalu 381, dan sekarang 180, dari rencana awal 750 pesawat.[2] Salah satu faktor penyebab pengurangan ini adalah karena F-35 Lightning II akan memiliki teknologi yang sama dengan F-22, tapi dengan harga satuan yang lebih murah.

Produksi
Proses produksi F-22.

F-22 versi produksi pertama kali dikirim ke Pangkalan Udara Nellis, Nevada, pada tanggal 14 Januari 2003. Pengetesan dan evaluasi terakhir dilakukan pada 27 Oktober 2004. Pada akhir 2004, sudah ada 51 Raptor yang terkirim, dengan 22 lagi dipesan pada anggaran fiskal 2004. Kehancuran versi produksi pertama kali terjadi pada 20 Desember 2004 pada saat lepas landas, sang pilot selamat setelah eject beberapa saat sebelum jatuh. Investigasi kejatuhan ini menyimpulkan bahwa interupsi tenaga saat mematikan mesin sebelum lepas landas menyebabkan kerusakan pada sistem kontrol.[7]

Pergantian nama

Versi produksi pesawat ini diberi nama F-22 Raptor ketika pertama kali dimunculkan pada tanggal 9 April 1997 di Lockheed-Georgia Co., Marietta, Georgia.

Pada September 2002, petinggi Angkatan Udara Amerika Serikat merubah nama Raptor menjadi F/A-22. Penamaan ini, yang mirip dengan penamaan F/A-18 Hornet Angkatan Laut Amerika Serikat, bertujuan untuk mendorong citra Raptor sebagai pesawat tempur sekaligus pesawat serang darat, dikarenakan oleh perdebatan yang terjadi di pemerintahan AS tentang pentingnya pesawat tempur superioritas udara yang sangat mahal. Nama ini kemudian dikembalikan lagi menjadi F-22 saja pada 12 Desember 2005, dan kemudian pada 15 Desember 2005 F-22A secara resmi mulai dipakai.[8]

Pembelian

Awalnya Angkatan Udara Amerika Serikat berencana memesan 750 ATF, dengan produksi dimulai pada tahun 1994. Pada tahun 1990 Major Aircraft Review merubah rencana menjadi 648 pesawat udara yang dimulai pada tahun 1996. Tujuan akhirnya berubah lagi pada tahun 1994, menjadi 442 pesawat memasuki masa pakai pada tahun 2003 or 2004. Laporan Kementrian Pertahan pada tahun 1997 merubah pembelian menjadi 339. Pada tahun 2003, Angkatan Udara mengatakan bahwa pembatasan pembiayaan kongresional yang ada sekarang membatasi pembelian menjadi 277. Pada tahun 2006, Pentagon mengatakan akan membeli 183 pesawat, yang akan menghemat $15 milyar tapi akan menaikkan pembiayaan per pesawat. Rencana ini telah mendapat persetujuan de facto dari Kongres dalam bentuk rencana pembelian beberapa tahun, yang masih membuka peluang untuk pemesanan baru melewati titik tersebut. Lockheed Martin telah mengatakan bahwa pada FY(Fiscal Year/Tahun Fiskal) 2009 mereka sudah harus tahu apakah lebih banyak pesawat akan dibeli, untuk pemesanan barang-barang long-lead.

Pada April 2006, biaya F-22A ditaksir oleh Government Accountability Office menjadi $361 juta per pesawat. Biaya ini mencerminkan total biaya program F-22A total program cost, dibagi jumlah jet yang akan dibeli oleh Angkatan Udara. Sejauh ini, Angkatan Udara telah menginvestasikan sebanyak $28 milyar dalam riset, pengembangan, dan percobaan Raptor. Uang itu, yang disebut sebagai "sunk cost," telah dibelanjakan dan terpisah dari uang yang digunakan untuk pengambilan keputusan di masa depan, termasuk pembelian kopi dari jet tersebut.

Saat semua 183 jet telah dibeli, $34 milyar akan dibelanjakan untuk pembelian pesawat udara ini sebenarnya. Ini akan menghasilkan biaya sekitar $339 juta per pesawat udara berdasarkan biaya total program. Kenaikan biaya dari satu tambahan F-22 adalah sekitar $120 juta. Jika Angkatan Udara akan membeli 100 buah tambahan F-22 hari ini, tiap pesawat akan berharga lebih rendah dari $117 juta dan akan terus jatuh dengan tambahan pembelian pesawat.[9]

F-22 bukan pesawat paling mahal yang pernah ada; kekhasan itu sepertinya berpulang pada B-2 Spirit yang secara kasar bernilai $2.2 milyar per unit; walaupun kenaikan biaya di bawah 1 milyar US Dollar. Untuk lebih adilnya, pemesanan B-2 berubah dari ratusan menjadi beberapa lusin ketika Perang Dingin berakhir sehingga harga per unitnya melangit. F-22 menggunakan lebih sedikit bahan penyerap radar daripada B-2 atau F-117 Nighthawk, dengan harapan biaya perawatan yang akan menjadi lebih rendah.

Karakteristik
Mesin Pratt & Whitney F119 F-22.
Pergerakan

Mesin turbofan ganda Pratt & Whitney F119-PW-100 F-22 memiliki kemampuan pengarah daya dorong. Pengarah ini bisa mengatur perputaran axis pitch sampai sekitar 20°. Daya dorong maksimum mesin ini masih dirahasiakan, namun diperkirakan sekitar 35.000 lbf (156 kN) per turbofan. Kecepatan maksimum pesawat ini diperkirakan sekitar Mach 1,2 ketika dalam supercruise tanpa senjata eksternal. Dengan afterburner, menurut Lockheed Martin, kecepatannya "lebih dari Mach 2,0" (2.120 km/jam).

F-22 juga bisa bermanuver dengan sangat baik pada kecepatan supersonik maupun subsonik. Penggunaan pengarah daya dorong membuatnya bisa berbelok secara tajam, dan melakukan manuver ekstrim seperti Manuver Herbst, Kobra Pugachev,[10] dan Kulbit. F-22 juga bisa mempertahankan sudut menyerang konstan yang lebih besar dari 60°.[10][11] Ketinggian terbang juga mempengaruhi serangan. Dalam latihan militer di Alaska pada Juni 2006, para pilot F-22 menyebut bahwa kemampuan terbang pada ketinggian yang lebih tinggi dari pesawat lain merupakan salah satu faktor penentu kemenangan mutlak F-22 pada latihan tersebut.[12]

F-22 menggunakan radar AN/APG-77 AESA yang dirancang untuk operasi superioritas udara dan serangan darat, yang sulit dideteksi pesawat lawan, menggunakan apertur aktif, dan dapat melacak beberapa target sekaligus dalam cuaca apapun. AN/APG-77 mengganti frekuensinya 1.000 kali setiap detik, membuatnya juga sangat sulit dilacak. Radar ini juga dapat memfokuskan emisi terhadap sensor lawan, membuat pesawat lawan mengalami gangguan.

Informasi pada radar ini diproses oleh dua prosesor Raytheon, yang masing-masing dapat melakukan 10,5 miliar operasi per detik, dan memiliki memori 300 megabyte. Perangkat lunak pada F-22 terdiri dari 1,7 juta baris koding, yang sebagian besar memproses data yang ditangkap radar.[13] Radar ini memiliki jarak jangkau sekitar 125-150 mil, dan direncanakan untuk dimutakhirkan dengan jarak maksimum sekitar 250 mil.[12]

F-22 juga memiliki beberapa fungsi yang unik untuk pesawat seukurannya. Antara lain, pesawat ini memiliki kemampuan deteksi dan identifikasi musuh yang hampir setara dengan RC-135 Rivet Joint.[12] Kemampuan "mini-AWACS" ini membuat F-22 sangat berguna di garis depan. Pesawat ini bisa menandakan target untuk pesawat F-15 dan F-16, dan bahkan dapat mengetahui pesawat apa yang pesawat kawan sedang targetkan, jadi bisa membuat agar pesawat kawan tidak mengejar target yang sama.[10][12]

Bus data yang digunakan pesawat ini diberi nama MIL-STD-1394B, yang dirancang khusus untuk F-22. Sistem bus ini dikembangkan dari sistem komersial FireWire (IEEE-1394),[14] yang diciptakan oleh Apple dan sering ditemukan pada komputer Apple Macintosh. Sistem bus data ini juga akan digunakan pada pesawat tempur F-35 Lightning II.[14]

Persenjataan

F-22 dirancang untuk membawa peluru kendali udara ke udara yang tersimpan secara internal di dalam badan pesawat agar tidak mengganggu kemampuan silumannya. Peluncuran rudal ini didahului oleh membukanya katup persenjataan lalu rudal didorong kebawah oleh sistem hidrolik. Pesawat ini juga bisa membawa bom, misalnya Joint Direct Attack Munition (JDAM) dan Small-Diameter Bomb (SDB) yang lebih baru. Selain penyimpanan internal, pesawat ini juga dapat membawa persenjataan pada empat titik eksternal, tetapi apabila ini dipakai akan sangat mengurangi kemampuan siluman, kecepatan, dan kelincahannya. Untuk senjata cadangan, F-22 membawa meriam otomatis M61A2 Vulcan 20 mm yang tersimpan di bagian kanan pesawat, meriam ini membawa 480 butir peluru, dan akan habis bila ditembakkan secara terus-menerus selama sekitar lima ******* Meskipun begitu, F-22 dapat menggunakan meriam ini ketika bertarung tanpa terdeteksi, yang akan dibutuhkan ketika rudal sudah habis.[10]

Kemampuan siluman

Pesawat tempur modern Barat masa kini sudah memakai fitur-fitur yang membuat mereka lebih sulit dideteksi di radar dari pesawat sebelumnya, seperti pemakaian material penyerap radar. Pada F-22, selain pemakaian material penyerap radar, bentuk dan rupa F-22 juga dirancang khusus, dan detil lain seperti cantelan pada pesawat dan helm pilot juga sudah dibuat agar lebih tersembunyi.[15] F-22 juga dirancang untuk mengeluarkan emisi infra-merah yang lebih sulit untuk dilacak oleh peluru kendali "pencari panas".

Namun, F-22 tidak tergantung pada material penyerap radar seperti F-117 Nighthawk. Penggunaan material ini sempat memunculkan masalah karena tidak tahan cuaca buruk.[16] Dan tidak seperti pesawat pengebom siluman B-2 Spirit yang membutuhkan hangar khusus, F-22 dapat diberikan perawatan pada hangar biasa.[16] Selain itu, F-22 juga memiliki sistem yang bernama "Signature Assessment System", yang akan menandakan kapan jejak radar pesawat sudah tinggi, sampai akhirnya membutuhkan pembetulan dan perawatan.[16]

Pemakaian afterburner juga membuat emisi pesawat lebih mudah ditangkap oleh radar,[15] ini diperkirakan adalah alasan mengapa pesawat F-22 difokuskan untuk bisa memiliki kemampuan supercruise.

Spesifikasi (F-22 Raptor)

Data dari USAF,[17] situs Tim F-22 Raptor,[18] dan Aviation Week & Space Technology[12]
Karakteristik umum

* Kru: 1
* Panjang: 62 kaki 1 in (18,90 m)
* Lebar sayap: 44 kaki 6 in (13,56 m)
* Tinggi: 16 kaki 8 in (5,08 m)
* Area sayap: 840 kaki² (78,04 m²)
* Airfoil: NACA 64A?05,92 akar, NACA 64A?04,29 ujung
* Berat kosong: 31.670 lb (14.365 kg)
* Berat terisi: 55.352 lb (25.107 kg)
* Berat maksimum lepas landas: 80.000 lb (36.288 kg)
* Mesin: 2× Pratt & Whitney F119-PW-100 Turbofan pengarah daya dorong pitch, 35.000 lb (155,7 kN) masing-masing

Performa

* Kecepatan maksimum: ˜Mach 2,42 (2.575 km/jam) pada altituda/ketinggian tinggi[19]
* Kecepatan jelajah: Mach 1,72[18] (1.825 km/h) pada altituda/ketinggian tinggi
* Jarak jangkau ferri: 2.000 mi (1.738 nm, 3.219 km)
* Batas tertinggi servis: 65.000 kaki (19.812 m)
* Laju panjat: rahasia (tidak diketahui umum)
* Beban sayap: 66 lb/kaki² (322 kg/m²)
* Dorongan/berat: 1,26
* Maximum g-load: -3/+9 g

Persenjataan

* Meriam: 1× 20 mm (0,787 in) M61A2 Vulcan gatling gun di pangkal sayap kiri, 480 butir peluru
* Udara ke udara:

* 6× AIM-120 AMRAAM
* 2× AIM-9 Sidewinder

* Udara ke darat:

* 2× AIM-120 AMRAAM dan
* 2× AIM-9 Sidewinder dan salah satu:
o 2× 1.000 lb JDAM atau
o 2× Wind Corrected Munitions Dispensers (WCMDs) atau
o 8× 250 lb GBU-39 Small Diameter Bomb

Avionik

* Radar: 125-150 mil (200-240 km) terhadap target 1 m² (perkiraan)[12]

Gantikan Nuklir, Jepang Bangun Tenaga Angin Lepas Pantai Terbesar di Dunia





Tragedi bocornya reaktor nuklir di Fukushima Daiichi yang disebabkan gelombang tsunami pada tahun 2011, menjadi pelajaran penting buat Jepang. Tak ingin mengulangi kesalahan, pemerintah Jepang kini memilih untuk mengganti energi tenaga nuklir dengan tenaga angin. Tak tanggung-tanggung, Jepang berencana membangun energi angin lepas pantai yang terbesar di dunia.

Belum luput dari ingatan, gempa bumi dan tsunami menghantam pantai timur Jepang menghancurkan pembangkit listrik tenaga nuklir yang terletak di pantai Jepang di distrik Futaba, perfektur Fukushima. Hancurnya reaktor nuklir ini mengakibatkan radioaktif menyebar dengan cepat ke kota-kota di sekitarnya seperti Okuma dan Futaba serta kota lainnya.

Pasca tragedi ini, pemerintah Jepang mulai berpaling dari energi tenaga nuklir dan memfokuskan untuk mengusahakan energi terbarukan lain seperti energi surya, angin, dan panas bumi. Merealisasikan rencana tersebut, pemerintah Jepang berencana membangun turbin lepas pantai yang menghasilkan kekuatan hingga setara dengan 21 persen dari total energi yang dihasilkan oleh pembangkit tenaga nuklir yang sekarang tidak berfungsi.

Turbin lepas pantai ini nantinya diperkirakan akan menghasilkan energi dua kali lipat dari energi lepas pantai terbesar yang saat ini ada --pembangkit tenaga angin Greater Gabbard di Inggris yang mampu menghasilkan 504 megawatt dengan mengggunakan 140 turbin. Energi tersebut mampu untuk memenuhi kebutuhan energi hampir satu juta rumah.

Nantinya bukanlah turbin-turbin yang dipasangkan ke dasar laut, melainkan dengan menggunakan alat yang canggih berlapis baja yang akan mengambang, terhubung hingga menuju landas kontinen layaknya sebuah rakit yang berlabuh. Ballast atau alat pengimbang akan membuat turbin-turbin ini tetap berdiri tegak.

Manajer proyek Takeshi Ishihara dari Universitas Tokyo mengatakan, pembangunan pembangkit tenaga angin dirancang, di mana risiko gempa bumi dan tsunami sudah dipikirkan.

"Pembangkit tenaga angin benar-benar memiliki rekam jejak yang bagus saat tsunami datang. Sebagai contoh pembangkit tenaga angin Kamisu yang selamat dari gempa dan relatif tidak mengalami kerusakan," kata Ishihara. Nantinya pembangkit tenaga angin juga akan mempengaruhi industri perikanan lokal, jika benar-benar terealisasi maka akan menguntungkan industri perikanan ini.

Halangan terbesar merealisasikan projek ini ialah masalah pendanaan, karena tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Namun demikian, secara keseluruhan pemerintah Jepang telah menyiapkan anggaran sebesar US$16,3 miliar dalam proyek energi terbarukan hanya untuk tahun 2012 saja.


sumber

10 Teknologi yang Dapat Mencegah Kehancuran Bumi

Ada anggapan dari kaum skeptis bahwa teknologi hanya merusak lingkungan. Anggapan ini menantang para ilmuwan untuk mengembangkan teknologi yang ramah lingkungan.

PBB memperkirakan, hingga tahun 2030 kebutuhan energi akan melonjak sebesar 60 persen. Sebanyak 2,9 miliar manusia akan kekurangan pasokan air. Berikut 10 jenis teknologi yang tergolong dapat mencegah bumi dari kehancuran.

 1. Menghilangkan garam dari air laut


 PBB mencatat, suplai air bersih akan sangat terbatas bagi miliaran manusia pada pertengahan abad ini. Ada teknologi bernama desalinasi, yakni menghilangkan kadar garam dan mineral dari air laut sehingga layak diminum. Ini merupakan solusi yang bisa dilakukan untuk mencegah krisis air.

Masalahnya, teknologi ini masih terlalu mahal dan membutuhkan energi cukup besar. Kini para ilmuwan tengah mencari jalan agar desalinasi dapat berlangsung dengan energi lebih sedikit. Salah satu caranya adalah dengan melakukan evaporasi pada air sebelum masuk ke membran dengan pori-pori mikroskopis


 2. Memproduksi minyak secara alami



Ada proses bernama thermo-depolymerization, suatu proses yang sama dengan bagaimana alam memproduksi minyak. Misalnya limbah berbasis karbon jika dipanaskan dan diberi tekanan tepat, mampu menghasilkan bahan minyak.

Secara alamiah proses ini menbutuhkan waktu jutaan tahun. Dari eksperiman yang sudah-sudah, kotoran ayam kalkun mampu memproduksi sekitar 600 pon petroleum.
 


 3. Tenaga Hidrogen




 Bahan bakar hidrogen dianggap sebagai bahan bakar alternatif bebas polusi. Energi dihasilkan dari perpaduan antara hidrogen dan oksigen. Problemnya adalah bagaimana hidrogen itu dihasilkan.

Molekul seperti air dan alkohol harus diproses dulu untuk mengekstraksi hidrogen sehingga menjadi sel bahan bakar. Proses ini juga membutuhkan energi besar. Namun setidaknya ilmuwan sudah mencoba membuat laptop serta peranti lain dengan tenaga fuel cell.


 4. Tenaga surya







  Energi surya yang sampai di bumi terbentuk dari photon, dapat dikonversikan menjadi listrik atau panas. Beberapa perusahaan dan perumahan sudah berhasil menggunakan aplikasi ini. Mereka memakai sel surya dan termal surya lain sebagai media pengumpul energi.


5. Konversi Panas Laut





 Media pengumpul tenaga surya terbesar di bumi ini adalah air laut. Departemen Energi Amerika Serikat (AS) menyebut, laut mampu menyerap panas surya setara dengan energi yang dihasilkan 250 miliar barel minyal per hari.

Ada teknologi bernama OTEC yang mampu mengkonversikan energi termal laut menjadi listrik. Perbedaan suhu antar permukaan laut mampu menjalankan turbin dan menggerakan generator. Masalahnya, teknologi ini masih kurang efisien.


 6. Energi gelombang laut




 Laut melingkupi 70 persen permukaan bumi. Gelombangnya menyimpan energi besar yang dapat menggerakkan turbin-turbin sehingga mengasilkan listrik. Problemnya agak sulit memperkirakan kapan gelombang laut cukup besar sehingga memproduksi energi yang cukup.

Solusinya adalah dengan menyimpan sebagian energi ketika gelombang cukup besar. Sungai Timur kota New York saat ini sedang menjadi proyek percobaan dengan enam turbin bertenaga gelombanng air. Sedangkan Portugis justru sudah lebih dulu mempraktekkan teknologi ini dan sukses menerangi lebih dari 1500 rumah.


 7. Menanami atap rumah





 Konsep ini diilhami dari Taman Gantung Babilonia yang masuk dalam daftar Tujuh Keajaiban Dunia. Istana Babilonia terdiri atas atap yang ditanami aneka flora, juga balkon dan terasnya.

Taman atap ini mampu menyerap panas dan mengurangi karbon dioksida. Bayangkan jika burung-burung dan kupu-kupu beterbangan di sekitar rumah hijau kita.




8. Bioremediasi




 Ada proses bernama bioremediasi, yakni memanfaatkan mikroba dan tanaman untuk membersihkan kontaminasi. Salah satunya adalah membersihkan kandungan nitrat dalam air dengan bantuan mikroba.

Atau memakai tanaman untuk menetralisir arsenik dari tanah. Beberapa tumbuhan asli ternyata punya faedah untuk membersihkan bumi kita dari aneka polusi.




9. Kubur barang-barang perusak





 Karbon dioksida adalah faktor utama penyebab pemanasan global. Energy Information Administration (EIA) mencatat, tahun 2030 emisi karbon dioksida mencapai 8000 juta metrik ton.

Metode paling sederhana untuk menekan kandungan zat berbahaya itu adalah dengan menguburkan berbagai penghasil CO2 seperti aneka limbah elektronik berbahaya.

Namun ilmuwan masih belum yakin bahwa gas berbahaya akan tersimpan aman. Tetap saja kelak akan muncul imbas negatifnya bagi lingkungan.




10. Buku elektronik






 Bayangkan, berapa ton kertas dan berapa banyak pohon harus ditebang bagi seantero dunia jika kita semua harus membeli koran, majalah, novel, buku pelajaran, buku tulis, kertas faks, sampai tisu toilet.

Buku elektronik atau surat elektronik yang lebih dikenal dengan e-book dan email memberi kontribusi sangat berarti pada kelangsungan hidup. Dengan teknologi itu, produksi kertas dapat ditekan, sehingga kita tak perlu menebang terlalu banyak pohon.






sumber


Keris Mpu Gandring




Keris Mpu Gandring adalah senjata pusaka yang terkenal dalam riwayat berdirinya Kerajaan Singhasari di daerah Malang, Jawa Timur sekarang. Keris ini terkenal karena kutukannya yang memakan korban dari kalangan elit Singasari termasuk pendiri dan pemakainya, ken Arok.
Keris ini dibuat oleh seorang pandai besi yang dikenal sangat sakti yang bernama Mpu Gandring, atas pesanan Ken Arok, salah seorang tokoh penyamun yang menurut seorang brahmana bernama Lohgawe adalah titisan wisnu. Ken Arok memesan keris ini kepada Mpu Gandring dengan waktu satu malam saja, yang merupakan pekerjaan hampir mustahil dilakukan oleh para "mpu" (gelar bagi seorang pandai logam yang sangat sakti) pada masa itu. Namun Mpu Gandring menyanggupinya dengan kekuatan gaib yang dimilikinya. Bahkan kekuatan tadi "ditransfer" kedalam keris buatannya itu untuk menambah kemampuan dan kesaktian keris tersebut.
Setelah selesai menjadi keris dengan bentuk dan wujud yang sempurna bahkan memiliki kemampuan supranatural yang konon dikatakan melebihi keris pusaka masa itu. Mpu Gandring menyelesaikan pekerjaannya membuat sarung keris tersebut. Namun belum lagi sarung tersebut selesai dibuat, Ken Arok datang mengambil keris tersebut yang menurutnya sudah satu hari dan haris diambil. Kemudian Ken Arok menguji Keris tersebut dan terakhir Keris tersebut ditusukkannya pada Mpu Gandring yang konon menurutnya tidak menepati janji (karena sarung keris itu belum selesai dibuat) selebihnya bahkan dikatakan untuk menguji kemampuan keris tersebut melawan kekuatan supranatural si pembuat keris (yang justru disimpan dalam keris itu untuk menambah kemampuannya). Dalam keadaan sekarat, Mpu Gandring mengeluarkan kutukan bahwa Keris tersebut akan meminta korban nyawa tujuh turunan dari Ken Arok. Dalam perjalanannya, keris ini terlibat dalam perselisihan dan pembunuhan elit kerajaan Singhasari yakni :

Terbunuhnya Tunggul Ametung

Tunggul Ametung, kepala daerah Tumapel (cikal bakal Singhasari) yang saat itu adalah bawahan dari Kerajaan Kadiri yang saat itu diperintah oleh Kertajaya yang bergelar "Dandang Gendis" (raja terakhir kerajaan ini). Tumapel sendiri adalah pecahan dari sebuah kerajaan besar yang dulunya adalah Kerajaan Jenggala yang dihancurkan Kadiri, dimana kedua-duanya awalnya adalah satu wilayah yang dipimpin oleh Airlangga.
Ken Arok membunuh Tunggul Ametung untuk mendapatkan istrinya yang cantik, Ken Dedes. Ken Arok sendiri saat itu adalah pegawai kepercayaan dari Tunggul Ametung yang sangat dipercaya. Latar belakang pembunuhan ini adalah karena Ken Arok mendengar dari Brahmana Lohgawe bahwa "barang siapa yang memperistri Ken Dedes akan menjadi Raja Dunia".
Sebelum Ken Arok membunuh Tunggul Ametung, keris ini dipinjamkan kepada rekan kerjanya, yang bernama Kebo Ijo yang tertarik dengan keris itu dan selalu dibawa-bawanya kemana mana untuk menarik perhatian umum. Bagi Ken Arok sendiri, peminjaman keris itu adalah sebagai siasat agar nanti yang dituduh oleh publik Tumapel adalah Kebo Ijo dalam kasus pembunuhan yang dirancang sendiri oleh Ken Arok. Siasatnya berhasil dan hampir seluruh publik Tumapel termasuk beberapa pejabat percaya bahwa Kebo Ijo adalah tersangka pembunuhan Tunggul Ametung. Ken Arok yang saat itu adalah orang kepercayaan Tunggul Ametung langsung membunuh Kebo Ijo yang konon, dengan keris pusaka itu.

Terbunuhnya Ken Arok

Setelah membunuh Tunggul Ametung, Ken Arok mengambil jabatannya, memperistri Ken Dedes yang saat itu sedang mengandung dan memperluas pengaruh Tumapel sehingga akhirnya mampu menghancurkan Kerajaan Kediri. Ken Arok sendiri akhirnya mendirikan kerajaan Singhasari.
Rupanya kasus pembunuhan ini tercium oleh Anusapati, anak Ken Dedes dengan ayah Tunggul Ametung. Anusapati, yang diangkat anak oleh Ken Arok mengetahui semua kejadian itu dari ibunya, Ken Dedes dan bertekat untuk menuntut balas. Anusapati akhirnya merancang pembalasan pembunuhan itu dengan menyuruh seorang pendekar sakti kepercayaannya, Ki Pengalasan.
Pada saat menyendiri di kamar pusaka kerajaan, Ken Arok mengamati pusaka kerajaan yang dimilikinya. Salah satu pusaka yang dimilikinya adalah keris tanpa sarung buatan Mpu Gandring yang dikenal sebagai Keris Mpu Gandring. Melihat ceceran darah pada keris tersebut, ia merasa ketakutan terlebih lebih terdengar suara ghaib dari dalam keris tersebut yang meminta tumbal. Ia ingat kutukan Mpu Gandring yang dibunuhnya, dan serta merta mebantingnya ke tanah sampai hancur berkeping-keping. Ia bermaksud memusnahkannya. Namun ternyata keris tersebut melayang dan menghilang. Sementara Anusapati dan Ki Pengalasan merancang pembunuhan tersebut, tiba-tiba keris tersebut berada di tangan Anusapati. Anusapati menyerahkan keris kepada Ki Pengalasan yang menurut bahasa sekarang, bertugas sebagai "eksekutor" terhadap Ken Arok. Tugas itu dilaksanakannya, dan untuk menghilangkan jejak, Anusapati membunuh Ki Pengalasan dengan keris itu.

Terbunuhnya Anusapati

Anusapati mengambil alih pemerintahan Ken Arok, namun tidak lama. Karena Tohjaya, Putra Ken Arok dari Ken Umang akhirnya mengetahui kasus pembunuhan itu. Dan Tohjaya pun menuntut balas.
Tohjaya mengadakan acara Sabung Ayam kerajaan yang sangat digemari Anusapati. Ketika Anusapati lengah, Tohjaya mengambil keris Mpu Gandring tersebut dan langsung membunuhnya di tempat. Tohjaya membunuhnya berdasarkan hukuman dimana Anusapati diyakini membunuh Ken Arok. Setelah membunuh Anusapati, Tohjaya mengangkat dirinya sebagai raja menggantikan Anusapati.
Tohjaya sendiri tidak lama memerintah. Muncul berbagai ketidak puasan baik dikalangan rakyat dan bahkan kalangan elit istana yang merupakan keluarganya dan saudaranya sendiri, diantaranya Mahisa Campaka dan Dyah Lembu Tal. Ketidakpuasan dan intrik istana ini akhirnya berkobar menjadi peperangan yang menyebabkan tewasnya Tohjaya. Setelah keadaan berhasil dikuasai, tahta kerajaan akhirnya dilanjutkan oleh Ranggawuni yang memerintah cukup lama dan dikatakan adalah masa damai kerajaan Singashari. Sejak terbunuhnya Tohjaya, Keris Mpu Gandring hilang tidak diketahui rimbanya.

7 Turunan Ken Arok

Keris Mpu Gandring ini menurut beberapa sumber spritual sebenarnya tidak hilang. Dalam arti hilang musnah dan benar-benar tidak ketahuan keberadaannya. Pada bagian ini tak hendak membahas masalah itu. Pada bagian ini hendak mengajak para pembaca untuk sejenak menganalisa "keampuhan" atau "tuah" dari keris itu maupun pembuatnya (Mpu Gandring).
Di akhir hayatnya di ujung keris buatannya sendiri, Mpu Gandring mengutuk Ken Arok, bahwa keris itu akan menelan korban tujuh turunan dari Ken Arok. Sekarang marilah kita hitung. Dalam sejarah ataupun legenda yang kita ketahui, ternyata hanya ada 6 (enam) orang yang terbunuh oleh Keris Mpu Gandring:
  1. Mpu Gandring, Sang Pembuat Keris.
  2. Kebo Ijo, rekan Ken Arok.
  3. Tunggul Ametung, Penguasa Tumapel saat itu.
  4. Ken Arok, Pendiri Kerajaan Singasari.
  5. Ki Pengalasan, pengawal Anusapati yang membunuh Ken Arok
  6. Anusapati, Anak Ken Dedes yang memerintah Ki Pengalasan membunuh Ken Arok.
Tohjaya, putera Ken Arok dari selirnya Ken Umang tidak terbunuh oleh keris ini, namun terluka oleh lembing, dan akhirnya tewas karena luka-lukanya.


sumber

Ledakan Meteor di Rusia Terbesar


VIVAnews - Para peneliti mengungkapkan bahwa meteor yang jatuh kawasan Ural, Rusia, pada Jumat pagi, 15 Febuari 2013 waktu setempat, adalah yang terbesar selama satu abad terakhir.

Bola api raksasa itu diberitakan telah merusak ratusan rumah, melukai 1.000 orang di wilayah Chelyabinsk, salah satu kota di Ural, Rusia.

Menurut Peter Brown, Direktur Pusat Ilmu Keplanetan dan Eksplorasi di University of Western Ontario di Kanada, meteor itu awalnya mungkin sebesar 50 kaki atau sekitar 15 meter dan beratnya sekitar 7.000 ton.

Dari rekaman video menunjukkan benda langit itu meluncur dengan kecepatan 40.260 mph (64.800 kph) saat memasuki atmosfer. Namun, setelah melewati atmosfer, benda langit itu terbakar dan meledak menjadi 10 bola api.

"Dari berbagai sensor menggunakan beberapa teknologi, perkiraan awal dari total ledakan yang akan disebabkan meteor itu sekitar 300 kiloton TNT. Tapi jumlah itu baru perkiraan awal," kata Brown dilansir Space, 16 Februari 2013.

Peristiwa lain
Insiden Jumat pagi ini diperbandingkan dengan peristiwa sejenis di Rusia pada 1908, yang dikenal dengan peristiwa Tunguska. Ledakan meteornya meratakan 2.137 km persegi hutan.

"Saya yakin ledakan pada Jumat pagi itu lebih dari 100 kiloton TNT, dan lebih besar dari ledakan di Tunguska," jelas Brown.

Brown pun membandingkan besarnya ledakan dari meteor yang pernah jatuh ke bumi selama satu abad terakhir. Ia menjelaskan peristiwa jatuhnya meteor ke bumi lainnya terjadi pada 12 Februari di Uni Soviet, saat itu ledakannnya setara dengan 10 kiloton TNT.

"Di Indonesia pun pernah terjadi, yaitu pada 8 Oktober 2009. Ledakannya mencapai 50 kilo ton TNT, namun itu terjadi di laut," jelas Brown.

Brown menegaskan bahwa data dari ledakan meteor di wilayah Chelyabinsk masih tahap awal. "Hasil keseluruhan dari total ledakan masih bisa berubah. Kami masih terus menganalisisnya untuk mendapatkan hasil yang akurat," jelas Brown. (ren)

GUGUS TUGAS


Untuk mendukung program universitas tentang penguatan dan pengembangan program studi khususnya dalam hal  pengembangan koleksi, Perpustakaan UMS membentuk PUSTAKAWAN PENGHUBUNG yang bertugas sebagai penghubung antara fakultas (dosen dan mahasiswa) dengan perpustakaan.
TUGAS
  1. Menjadi penghubung antara perpustakaan dengan program studi atau fakultas
  2. Mengumpulkan data mata kuliah beserta buku-buku acuan yang digunakan untuk tiap-tiap mata kuliah
  3. Memberikan informasi tentang fasilitas dan kegiatan perpustakaan kepada program studi
  4. Menggali kebutuhan program studi terhadap perpustakaan
GUGUS TUGAS
NO FAKULTAS/PRODI PUSTAKAWAN PENGHUBUNG EMAIL
 1 Koordinator pustakawan penghubung Gatiningsih gatiningsih@ums.ac.id
 2 Fak. Kedokteran Gatiningsih gatiningsih@umsl.ac.id
 3 Fak. Pasca Sarjana Ana Wahyuni ana_wahyuni@ums.ac.id
 4 Fak. Teknik (T.Elektro); Fak. Komunikasi & Informatika Sapta Pujianta sapta_pujianta
 5 Fak. Teknik (T.Mesin; T.Industri & T.Kimia) Cahyana Kumbul W. cahyana
 6 Fak. Teknik (T.Arsitektur & T.Sipil) Tri Mulyati tri_mulyati@ums.ac.id
 7 Fak. Psikologi Murtini murtini@ums.ac.id
 8 Fak. Ekonomi Eko Daryadi eko_daryadi@ums.ac.id
 9 Fak. Agama Islam Haryanto haryanto_01@ums.ac.id
10 Fak. Ilmu Kesehatan Ken Retno Yuniwati kenretno@ums.ac.id
11 FKIP (Biologi & Matematika) Esti Handayani esti_handayani
12 FKIP (Bhs.Indonesia; Bhs. Inggris, PPKN, PDU) Siti Nuzilah siti_nuzilah@ums.ac.id
13 FKIP (PAUD &PGSD) Ari Fatmawati ari_fatmawati@ums.ac.id
14 Fak. Farmasi Maria Husnun Nisa maria_hnisa@ums.ac.id
15 FKIP (Pendidikan Geografi); Fak. Hukum; Fak. Geografi Kurnia Utami kurnia_utami@ums.ac.id

Besok Jakarta Monorail Paparkan Konsep di Depan Publik




VIVAnews - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, akan membahas lebih lanjut mengenai pembangunan monorel. Rencananya besok PT Jakarta Monorail akan memaparkan konsep transportasi massal itu kepada publik atau "public hearing". Pemaparan terbuka untuk umum.

"Besok uji publik yang mau datang Jakarta Monorail dan akan dibahas masalah keuangan, partnernya siapa, terbuka kok," kata Jokowi di Balai Kota, Jakarta, Senin, 11 Februari 2013. Menurut Jokowi, dalam pemaparan juga dijelaskan rute yang akan digunakan serta rincian biaya pembangunan.

"Jakarta Monorail nanti  memaparkan rute kemudian biaya, mereka minta subsidi atau tidak, nanti tanya semuanya mulai kapan dan duitnya dari mana," ujar dia.

Sebelumnya telah dijelaskan, pada pembangunan tahap awal, akan dibangun jalur monorel dari Bekasi Timur dengan panjang rute 18 Km.
Kemudian dari Cibubur sepanjang 13, 7 Km, dan dari Kuningan ke Palmerah kurang lebih 8 Km. Semua jalur akan terintegrasi dengan moda transporsi kota lainnya. (umi)

Dahlan Optimistis Istaka Bisa Lolos dari "Kubur"



VIVAnews - Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan yakin PT Istaka Karya mampu lolos dari lubang "kubur". Ia mengumpamakan perusahaan pelat merah ini sedang berada di kamar mayat.

"Untung saja belum dikubur," ujar Dahlan dalam BUMN Forum di Jakarta, Selada 4 Desember 2012.

Per April 2012, PT Istaka Karya Persero telah merumahkan seluruh pegawainya, baik karyawan tetap maupun karyawan kontrak. Alasannya, BUMN ini sedang dililit masalah hukum sehingga perlu disehatkan.

Pemicunya, para debitor perseroan yang emosi dan mempailitkan perusahaan kontruksi itu. Kementerian BUMN lalu melakukan perdamaian dengan para debitor dan menghasilkan beberapa butir kesepakatan.

Kesepakatan pertama, untuk sementara piutang PT Istaka Karya dijadwalkan ulang pembayarannya dan akan dikonversi menjadi saham non voting. "Dengan demikian para debitor akan mempunyai saham namun tidak mempunyai hak voting," katanya.

Nantinya secara bertahap, manajemen Istaka akan melakukan pembelian saham kembali (buyback) secara perlahan. Selain itu Istaka juga akan mendapatkan injeksi dana dari PT Waskita Karya senilai Rp60 miliar untuk membantu kebangkitan BUMN tersebut.

Dahlan optimistis manajemen yang baru mampu mengatasi masalah ini. "Yang membuat Istaka terpuruk bukan manajemen sekarang, tapi sebelumnya," jelasnya.

Menurut Dahlan jumlah utang Istaka mencapai Rp600 miliar. Pihak Kementerian BUMN dan debitor telah sepakat membeli kembali dan melunasi utang tersebut  dalam waktu 5 tahun.

"Saya rasa mereka bisa karena dalam beberapa proyek di PON, Istaka merupakan salah satu kontraktor yang menghasilkan bangunan paling baik," ungkapnya. (umi)

Dahlan Iskan Likuidasi Balai Pustaka




VIVAnews - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, berencana untuk melikuidasi empat BUMN dhuafa. Salah satunya adalah BUMN percetakan, PT Balai Pustaka.

"Kalau di otak saya, Balai Pustaka itu likuidasi. Saya anggap itu sudah mati, tapi surat 'kematiannya' belum keluar-keluar," kata Dahlan saat ditemui di Kementerian BUMN, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa 12 Februari 2013.

Selain Balai Pustaka, dalam masterplan Kementerian BUMN 2012-2014, ada empat BUMN yang akan dibubarkan, yaitu Perum Produksi Film Negara, karena sudah berhenti beroperasi dan sumber daya manusia tidak mendukung, serta Balai Pustaka yang mengalami kesulitan berkompetisi dalam pasar.

Selain itu, Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) yang secara bisnis tidak layak dipertahankan, dan PT Djakarta Llyold yang sudah tidak memiliki nilai ekonomi.

Namun, usaha untuk melikuidasi empat BUMN tersebut harus melalui persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat. Likuidasi empat BUMN tersebut masih harus melalui proses administrasi yang panjang. "Proses administrasinya menjengkelkan," katanya. (art)

sumber

Novizal Minta Penggantinya Bisa Ikuti Irama Jokowi

VIVAnews - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, memastikan Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemerintah Daerah DKI Jakarta, Novizal, telah mengundurkan diri dari jabatannya karena alasan kesehatan.
Menurut Jokowi, Novizal adalah sosok pekerja keras dengan tetap bekerja meski hari libur. "Ya karena memang ritme kami siang-malem, ya karena mungkin beliau ada masalah kesehatan," kata Jokowi, Selasa 12 Februari 2013.

Jokowi menginginkan semua jajarannya dapat menyesuaikan dengan ritme kerja dia dan Wagub Basuki. "Harusnya menyesuaikan. Ini pun gas saya belum kecepatan penuh. Saya baru 60 persen," ucapnya.

Novizal menjabat sebagai Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemda sejak 18 Januari 2012. Sebelumnya ia pernah menjabat sebagai Wakil Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum. Setelah pengunduran diri ini disetujui, Novizal akan pensiun.

Novizal membenarkan alasan dirinya mundur karena masalah kesehatan. Dia khawatir kondisi kesehatannya bisa mempengaruhi kinerjanya menjadi menurun. "Ada masalah pada kesehatan saya. Saya khawatir nantinya itu akan membawa kinerja saya tidak maksimal dan mengecewakan gubernur dan wakil gubernur," kata Novizal.

Ia berharap, pengunduran dirinya tidak menjadi polemik, mengingat per 1 Desember 2013 dia juga sudah memasuki masa pensiun. Ia berharap penggantinya lebih muda, enerjik serta mampu mengimbangi kinerja gubernur dan wakil gubernur.
"Saya harap pengunduran diri saya tidak jadi polemik sehingga kinerja Dinas Perumahan dan Gedung Pemda DKI bisa terus maju," lanjut Novizal. (ren)

sumber

Enam pekerja pembangunan gedung The Manhattan Square


VIVAnews - Enam pekerja pembangunan gedung The Manhattan Square, Jalan TB. Simatupang Kav 1S, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, mengalami kecelakaan kerja saat melakukan pengecoran di gedung itu, Selasa, 12 Febuari 2013.

Akibat kejadian kecelakaan, lima orang meninggal dunia dan satu orang dibawa ke Rumah Sakit Marinir Cilandak, Jakarta Selatan. Saat ini, petugas indentifikasi dari Polres Jakarta Selatan dan Polsek Pasar Minggu sedang melakukan pengecekan. Visum untuk korban meninggal sudah disiapkan. 

"Benar ada kecelakaan dan lima orang meninggal. Penyebab pasti saya belum mendapat laporan dari petugas di lapangan," kata Kasubag Humas Polres Jakarta Selatan, Ajun Komisaris Aswin, kepada VIVAnews.

Sementara menurut Indah, petugas informasi gedung The Manhattan mengatakan, mereka belum mengetahui ada kecelakaan kerja di proyek tersebut. Mengenai kejadian tersebut, itu menjadi tanggung jawab kontraktor.

"Bila ada masalah-masalah dengan pekerja kami menyerahkan langsung kepada kontraktor. Sejak pagi kami belum mengetahui ada kejadian apapun," kata Indah. (umi)


sumber

Mengenal Torrent

Mungkin kamu pernah denger istilah ini di internet…

“torrent download”

Bagi kamu yang masim awam di dunia maya, pasti bertanya-tanya khan? Torrent tu apaan siih? Nah… disini akan dibahas panjang lebar mengenai torrent tersebut. Yu mari…

Simak ilustrasi berikut ini! Mungkin kamu sendiri pernah ngalamin…

Suatu hari, kamu pengen nyari film DVD (atau apalah….) di internet yang bisa didownload. Trus kamu cari di Google. Disitu muncul tulisan2 ky gini: (Ini cuma contoh doank!!)

“Download free ‘blablabla Movie’ Torrent”

Trus kamu download. Tapi, kamu kaget ternyata ukuran file yang kamu download tu kok kecil buangeet! Trus ekstensi filenya *.torrent lagi!! Dibukanya pake apa? Film DVDnya mana?

Nah…. itulah yang namanya file torrent. File torrent tu bukan file aslinya! Tapi, tu cuman file kecil yang isinya informasi darimana file aslinya bakal kamu dapetin. Coba deh kamu buka pake Notepad! Keliatan kan??

Trus cara dapetin file aslinya gimana??
Ya kamu harus punya program torrent client nya dulu donk! Misalnya yang paling populer tu BitTorrent atau μTorrent. Tapi seiring berjalannya waktu, sekarang ada browser tertentu yg udah men-support file torrent lho!. Misalnya Opera. Jadi bagi kamu yang pake Opera, ga usah repot-repot download program torrent client! Kalo pake browser yang satu ini, kamu bisa langsung download file aslinya. Tapi Opera-nya harus versi 9.5 ke atas! Browser ini cepet lo! Enak dipake pula! Gratis lagi!! Kalo mau, download aj di situs resminya: www.opera.com (Eeh… Kok jadi promosi syih!!).

Apa bedanya download biasa sama download torrent??
Perbedaan yang paling mencolok tu terletak di cara downloadnya.. Khan kalo download biasa, kira-kira gini skemanya….




Perhatiin dech gambarnya!! Komputer-komputer client men-download file dari satu sumber aja(ISP). Iya kan? Coba bayangin deh kalo pada waktu yang sama, ada jutaan orang yang lagi download file itu. Ya pasti kecepatan downloadnya bakal lelet donk!! Semakin banyak yang download, semakin lelet dan lelet!!! Atau bahkan bikin crash!!! Sebaliknya, kalo yang download filenya sedikit orang, misalnya cuman 5 atau 10 orang aja atau bahkan sendirian… kecepatannya bisa selangiit!! (alaah…) Selain itu bandwith ISPnya tentu harus gede. Kalo kecil, nanti kecepatan downloadnya dikit… Misalnya nie, kalo aku download file dari situs Microsoft, kecepatannya bisa sampai 100 KB/s atau 800 kbps. (Ingat rumusnya!! 1 KB = 8 kbps) Sedangkan dari zid*du, kecepatannya sekitar 25 KB/s atau 200 kbps. (Aku pake Speedy paket Personal)

Kenapa kok beda ya?? Tu karena (mungkin) kapasitas bandwithnya yang beda (situs Microsoft bandwith-nya lebih gede).
Sekarang, kita bandingin sama cara kerja torrent…. Yu mari…



 



 Wuiih!! Buanyak bangeet panahnya!! Ya itulah cara kerja download via torrent. Torrent memanfaatkan kapasitas upload dari para pendownload yang jarang digunakan. Jadi, sembari kamu download file, kamu juga sekaligus mengupload file buat komputer lain… Tentu aja ini nguntungin ISP karena bebannya berkurang. Iyakan?? Eitsss… tapi bukan cuma ISP aza yang untung, kita yang ngedownload juga untung. Soalnya kecepatan downloadnya cepet banget…

Nah…. ini nie yang bikin download via torrent lebih cepat daripada download biasa… (Bayangin deh. Kalo dipikir secara logika, ngambil dari banyak sumber lebih cepet dari satu sumber aja. Betul???)

Faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan download file via Torrent:
1.  Kecepatan koneksi internet kamu!!!
2.  Jumlah orang yang lagi download file. (Sering disebut Peer atau Leacher)
3   Jumlah orang yang lagi upload file. (Sering disebut Seed atau Seeder)

Cara download file via Torrent:
1. Kamu harus dapet file torrent-nya dulu. Caranya, kamu bisa minta bantuan sama Om Google. Atau, pake cara aku aja. Aku suka pake “Search Engine” khusus untuk mencari file torrent di internet. Kunjungi aja: scrapetorrent.com. Lalu search disitu…
2. Disitu ada istilah Seed dan Leacher. Seed nunjukin berapa jumlah orang yang lagi upload file itu, sedangkan Leacher nunjukin berapa jumlah orang yang lagi download file itu. (TIPS DARI SAYA!!! Kalo pengen kecepatan downloadnya tinggi, pilih torrent yang Seed-nya setinggi mungkin dan Leacher-nya serendah mungkin. Misalnya Seed: 28 Leacher:5 lebih baik daripada Seed:231 Leacher:690).
3. Trus, download torrent nya!!
4. Jalanin program Bittorent. Kalo ga punya, download aja di situs resminya: www.bittorrent.com
5. Then.. download file aslinya pake Bittorrent. Downloadlah dengan sabar!! Soalnya di detik-detik pertama, emang downloadnya rada lambat. Tapi, setelah beberapa lama, kecepatan downloadnya bisa selangit. (Alaaah…)
6. Setelah selesai download, kamu juga harus meng-upload filenya sampe 100%. Jangan rakus!! Kamu juga harus ngasih ke orang lain!!! (tp klo anae si kelar download ane stop langsung maklum dapet jatah bandwidth dari isp :ngakaks)



File-file yang bisa di download via torrent sangat lengkap. Mulai dari film DVD, software-software gede, game-game gede, dan tektek bengek lainnya. Dan semua itu, GRATISS!!! Aku juga pernah mendownload Installer Windows XP dan Microsoft Office via torrent lho!! Kecepatannya juga… wuihh!! Jangan ditanya lagi deh…. Selamat ber-download ria via Torrent!!!!!


sumber

Roket Korut Ternyata Industri Rumahan

Korea Utara (Korut) Desember lalu meluncurkan roket jarak jauh ke luar angkasa. Ternyata teknologi roket itu berasal dari industri rumahan yang ada di Negara Komunis itu.

Beberapa pecahan roket itu diperiksa oleh Korea Selatan (Korsel) sebagai pihak yang paling khawatir dengan uji coba roket tersebut. Korsel pun mendapatkan penemuan mencengangkan dari roket jarak jauh tersebut.

"Roket jarak jauh yang diluncurkan Korut bulan lalu, sebagian besar (dibuat) menggunakan teknologi domestik atau rumahan," ujar pihak Kementerian Pertahanan Korsel, seperti dikutip AFP, Senin (21/1/2013).

Negeri Kim Jong-Un saat ini tidak bisa mengimpor teknologi canggih, akibat sanksi yang dijatuhkan kepada mereka. Namun, lewat penemuan ini, jelas sekali menunjukkan bahwa Korut bisa memproduksi bagian roket tanpa bantuan pihak asing.

Berdasarkan 10 pecahan roket Korut yang ditemukan, alat-alat tersebut dibuat dengan teknologi rumahan namun bisa menghasilkan bagian roket yang kualitasnya sebanding dengan teknologi impor.

"Sebagian besar bagian roket yang dihasilkan adalah buatan sendiri, meskipun produk-produk tersebut pada dasarnya serupa dengan bahan impor," lanjut Kemhan Korsel.

Uji coba yang dilakukan Korut tahun lalu, mengundang kontroversi karena dianggap membahayakan kawasan Semenanjung Korea. Tetapi Korut menolak anggapan bahwa mereka tengah melakukan uji coba rudal yang bisa digunakan untuk hulu ledak nuklir. Korut bersikeras, roket itu hanya untuk digunakan mengorbitkan satelit cuaca yang mereka buat.


Sumber

Politisi Muslim AS Tolak Operasi Pesawat Tak Berawak

Salah seorang anggota Kongres Amerika Serikat (AS) Keith Ellison mengajak negaranya untuk mempertimbangkan kembali operasi pesawat pengebom tak berawak di Pakistan. Ellison turut mempertanyakan alasan-alasan dan hasil dari operasi tersebut.

"Berapa target teroris yang akan diserang? Apakah ada bocah kecil yang menjadi korban? Dan bukti apa yang digunakan untuk melegalkan serangan ini? AS harus memberikan jawaban dan Kongres memiliki peranan dalam hal ini," ujar politisi Muslim itu, seperti dikutip Internews, Rabu (16/1/2013).

Ellison mengatakan pula, lewat studi yang dilakukan para pakar HAM di Stanford Law School dan New York University School of Law, jumlah warga sipil yang tewas dari serangan pesawat itu jauh lebih besar ketimbang militan. Sejak 2004 silam, 700 orang warga sipil diklaim tewas dalam operasi pesawat tak berawak AS, dan 200 di antaranya adalah bocah kecil.


Sumber

Pentagon Larang Jet F-35 Beroperasi

Pentagon dan Angkatan Laut Amerika Serikat menghentikan operasi pesawat tempur F-35 buatan Lockheed Martin usai pesawat itu mengalami kecelakaan di Florida. Kecelakaan itu terjadi tepat pada saat latihan.

Menurut keputusan Pentagon, larangan operasi itu berlaku kepada jet F-35 model lain seperti halnya 25f dan 35B. Meski demikian, model A dan C yang sering digunakan Angkatan Laut tidak dilarang terbang.

Larangan itu diberlakukan setelah tenaga penggerak jet model B gagal untuk membantu pesawat itu lepas landas. Saat itu, pilot terpaksa membatalkan lepas landas dan kejadian itu tidak menimbulkan kecelekaan.

Jet F-35 tak hanya digunakan oleh Angkatan Udara AS. Jet tempur itu pun digunakan oleh Korps Marinir dan Angkatan Laut AS.

Selain AS, negara-negara yang menggunakan jet tersebut antara lain adalah, Inggris, Italia, Belanda, Australia, Kanada, Norwegia, Denmark, Turki, Israel dan Jepang. Jet itu merupakan jet buatan dalam negeri AS yang dirancang oleh Lockheed Martin.

Sumber

Indonesia beli peluncur roket Rp3,8 triliun

TNI akan membeli sistem peluncur roket paling mutakhir dari produsen senjata Avibras yang bermarkas di Sao Jose dos Campos, terletak di negara bagian Sao Paulo Brazil, untuk mempersenjatai salah satu batalion khususnya.

Kesepakatan pembelian ini diteken di Jakarta berisi nota jual-beli alat utama sistem senjata bernilai antara US$400-800 juta (Rp 3,8 sampai 7,6 triliun) yang diduga meliputi sekitar empat puluh unit kendaraan peluncur roket canggih.

Seperti ditulis koran O Estado de Sao Paulo, peluncur roket dengan Sistem Roket Saturasi Artileri (Artillery Saturation Rocket System) ini diklaim sebagai buatan Avibras yang paling canggih, sementara yang akan dikirim ke Indonesia nantinya adalah jenis Astros II.

T50 Untuk TNI AU



TNI Angkatan Udara akan segera diperkuat satu skuadron atau 16 pesawat T50 Golden Eagle dari Korea Selatan.

Pengadaan pesawat tersebut merupakan salah satu program pengembangan kekuatan TNI Angkatan Udara hingga 2024 berdasar kekuatan dasar minimum.

Pesawat latih T50 Golden Eagle rencananya menggantikan Hawk 53 MK buatan Inggris yang segera dipensiunkan, T50 adalah pesawat produksi perusahaan Korea Aerospace Industries (KAI) dimana dalam proses pembuatan pesawat T50 dibantu untuk pembiayaanya 13 persen dibiayai oleh perusahaan dari Amerika yaitu Lockheed Martin, 17 persen oleh Korea Aerospace Industries (KAI) dan sisanya, 70 persen ditanggung oleh pemerintah Korea Selatan.

T50 merupakan Pesawat tempur ringan dimana calon pilot pesawat tempur sukhoi harus melewati tes dengan T50, karena kalau latihan pakai Sukhoi "cost operasional" nya cukup besar. Selain untuk latihan, pesawat ini bisa digunakan untuk operasi penyerangan ringan.

T50 Aerobatik TNI AU selain untuk Tim Aerobatik, digunakan juga untuk pesawat penyerang, dimana terdapat tulisan TT (Tempur Taktis) pada bagian Kode Pesawat dimana kode TT pada versi TNI AU untuk Pesawat Tempur yang role utamanya untuk Air to Ground.

T50 bisa dipasang rudal "air to air" AIM-9 Sidewinder (rudal udara ke udara), rudal "air to ground" AGM-65 Maverick (rudal udara ke darat) serta mampu membawa beberapa Bomb seperti CBU-58 cluster, Mk 82, Mk 83/MK, dan Mk 20.

Khusus untuk Tim Aerobatik, TNI AU memesan camo atau design warna biru kuning, camo ini mirip yang dipakai oleh tim aerobatic Elang Biru. Dimana Tim Elang Biru ini menjadi kebanggaan TNI Angkatan Udara karena tim ini dapat disejajarkan dengan beberapa tim aerobatik kelas dunia seperti tim Red arrow (Inggris), Roulette (Australia), Golden Dreams (Inggris).

 Sumber

Indonesia beli peluncur roket Rp3,8 triliun

TNI akan membeli sistem peluncur roket paling mutakhir dari produsen senjata Avibras yang bermarkas di Sao Jose dos Campos, terletak di negara bagian Sao Paulo Brazil, untuk mempersenjatai salah satu batalion khususnya.

Kesepakatan pembelian ini diteken di Jakarta berisi nota jual-beli alat utama sistem senjata bernilai antara US$400-800 juta (Rp 3,8 sampai 7,6 triliun) yang diduga meliputi sekitar empat puluh unit kendaraan peluncur roket canggih.

Seperti ditulis koran O Estado de Sao Paulo, peluncur roket dengan Sistem Roket Saturasi Artileri (Artillery Saturation Rocket System) ini diklaim sebagai buatan Avibras yang paling canggih, sementara yang akan dikirim ke Indonesia nantinya adalah jenis Astros II.


sumber

China Bantah Insiden Radar, Jepang Siap Tunjukkan Bukti

Jepang menyatakan akan mengeluarkan data yang membuktikan kapal patrolinya sempat diintai oleh radar China. Tindakan itu dilakukan Jepang setelah China mebantah tuduhan Negeri Sakura.

“Pemerintah Jepang sedang mepertimbangkan berapa banyak data yang akan dikeluarkan untuk membuktikan tuduhan kami itu,” ujar Menteri Pertahanan Jepang Itsunori Onodera, seperti dikutip Reuters, Senin (11/2/2013).

Jepang menuduh China mengintai kapalnya dengan radar pada 30 Januari lalu di wilayah Kepulauan Senkaku yang sedang dipersengketakan kedua negara. Jenis radar yang saat itu dipakai China adalah radar untuk menentukan sasaran rudal, Jepang pun menuduh China ingin menyerang kapalnya dengan rudal.

Namun China menyatakan, pihaknya hanya mengintai kapal Jepang dengan radar pengawas biasa dan tidak memiliki niat untuk menyerang dengan rudal. China pun balas menuduh Jepang ingin menjelek-jelekkan negara tirai bambu itu.

“Dengan menyebarkan tuduhan palsu dan menempatkan diri sebagai korban, Jepang ingin menghancurkan reputasi yang dimiliki China di komunitas internasional,” ujar Kantor Berita China, Xinhua.

Selama ini kedua negara memang seringkali terlibat aksi provokasi di wilayah periaran Kepulauan Senkaku. Sebelumnya hubungan kedua negara sempat mereda dengan adanya renacana pertemuan antara Perdana Menteri Shinzo Abe dengan pemimpin China, Xi Jinping, namun kondisi kembali memanas dengan adanya insiden radar ini.

Sumber

Iran Siap Buat Drone untuk Negara Lain

Deputi Menteri Pertahan dan Logistik Angkatan Bersenjata Iran (MODAFL) mengklaim pihaknya bisa memproduksi lebih dari 20 drone atau pesawat terbang tanpa awak. Pesawat ini bisa digunakan untuk kepentingan spionase atau penyerangan.

Jarak dari drone ini pun beragam. Menurut Mohammad Eslami drone jarak jauh adalah pesawat tanpa awak yang diperuntukan bagi keperluan strategis.

"Drone jarak menengah ditugaskan untuk misi pengintaian dan pengawasan dari penerbangan jarak jauh. Sementara drone jarang pendek memiliki berbagai bentuk aplikasi, termasuk pelatihan dan menyediakan bantuan bagi operasi di wilayah tertentu," ujar Eslami, seperti dikutip ABNA, Sabtu (9/2/2013).

Eslami menambahkan, drone jarak pendek ini memilik jarak tempuh maksimum hingga 200 kilometer. Menurutnya, drone itu merupakan tipe yang paling beragam dan bisa digunakan untuk keperluan menyerang, bertahan dan melakukan operasi eksplorasi.

Namun yang menjadi kebanggaan dari Eslami adalah pesawat tak berawak jarak jauh. Menurut Eslami, drone ini menjadi pencapain terbesar dari Iran.

"Drone ini merupakan pencapaian terbesar Iran. Kami mendesain dan mengembangkan mesin jet tempur dan diaplikasikan di drone tempur, Karrar," lanjut Eslami.

Iran mengklaim drone tersebut memiliki jarak ketinggian terbang hingga 30 ribu kaki dan ketahanan mengudara hingga 24 jam dan aplikasi beragam. Pada 24 Mei 2013 mendatang, Iran akan merilis drone berteknologi tinggi itu.


Sumber

Konflik Menurun, Anggaran Militer AS Dipotong

Ancaman pemotongan anggaran yang dihadapi militer Amerika Serikat (AS) dianggap sebagai hal lumrah. Pemotongan Anggaran tersebut dilihat sebagai konsekuensi dari menurunnya konflik yang dihadapi militer AS.

“Pemotongan anggaran adalah hal yang normal. Saat kami melakukan perang terhadap Teror, pasukan yang dimiliki oleh AS mencapai rekor yang tertingginya. Kini perang tersebut sudah mereda maka normal bila postur militer AS kembali dipikir ulang,” ujar Pimpinan Komando Pasifik militer AS, Laksamana Samuel J. Locklear.

Wacana pemotongan anggaran tersebut dilakukan di tengah kebijakan Presiden Barack Obama yang ingin meningkatkan pengaruh AS di kawasan Asia Pasifik. Hal tersebut menurut Locklear membuat keberadaan militer As di Asia Pasifik tidak akan terkena dampak pemotongan anggaran yang besar.

Locklear menambahkan, walaupun nanti AS merasakan adanya kekurangan akibat pemotongan anggaran, AS bisa saja meminta bantuan sekutunya di Asia Pasifik untuk ikut berkontribusi menjaga keamanan di kawasan tersebut.

Sumber

Helikopter NATO Jatuh di Afghanistan




Sebuah helikopter ISAF/NATO jatuh di Afghanistan timur hari ini. Menurut NATO, tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Namun menurut Taliban yang mengklaim telah menembak jatuh heli itu, semua orang dalam heli tersebut tewas dalam peristiwa itu.

"Saya bisa konfirmasi sebuah helikopter International Security Assistance Forces (ISAF) jatuh di Afghanistan timur hari ini," kata juru bicara ISAF kepada kantor berita AFP, Kamis (7/2/2013).

"Penyebabnya masih dalam penyelidikan namun laporan awal mengindikasikan tak ada aktivitas musuh di wilayah tersebut saat itu. Laporan yang kami terima saat ini adalah tak ada korban," imbuh juru bicara tersebut.

Dia menolak menjelaskan lebih rinci mengenai tipe helikopter maupun jumlah personel yang berada di heli tersebut.

Namun juru bicara Taliban mengatakan, heli tersebut ditembak jatuh dalam serangan roket di distrik Tagab, provinsi Kapisa. Heli itu pun hancur terbakar. Menurutnya, semua personel di heli tersebut tewas. Namun tidak disebutkan jumlah pastinya.

Sumber

Hanggar Skuadron Pesawat Tanpa Awak Sudah Siap


TNI AU sudah menyiapkan hanggar untuk skuadron pesawat tanpa awak. Rencananya skuadron ini akan ditempatkan di Pontianak. Pengadaan skuadron ini sudah direncanakan jauh-jauh hari oleh Kementerian Pertahanan (Kemhan). "Hanggar sudah selesai. Tinggal menunggu kedatangan pesawatnya," kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsekal Pertama Azman Yunus, saat dihubungi Koran Jakarta.

Azman mengatakan skuadron pesawat tanpa awak ini akan difokuskan untuk memantau perbatasan. Itu alasan mengapa pesawat tersebut akan ditempatkan di Pontianak karena dekat dengan sejumlah perbatasan. Nantinya, pesawat juga akan dilengkapi peralatan berupa pengintaian hingga radar untuk memantau cuaca.

Pesawat yang sedang ditunggu kedatangannya itu dipastikan bukan pesawat buatan Indonesia. "Ya, pesawat dari luar (negeri). Pesawat dalam negeri belum memenuhi kebutuhan operasi yang kami ajukan," kata Azman. Dia menambahkan alasan lain memilih produk luar negeri karena daya jelajahnya yang tinggi.

"Kami membutuhkan pesawat tanpa awak yang memiliki daya jelajah hingga 400 kilometer. Dan industri di dalam negeri belum ada yang bisa membuatnya," tambah dia. Dia juga mengatakan belum menghitung berapa pesawat yang akan didatangkan untuk memenuhi skuadron tersebut, termasuk TNI AU juga belum menentukan siapa yang nanti dipercaya mengomandani skuadron itu.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan, Purnomo Yusgiantoro, mengatakan keberadaan skuadron pesawat tanpa awak perlu untuk mengefektifkan pengamanan perbatasan. "Sementara ini, skuadron yang akan kita bangun memang untuk pengintaian dan pengamatan wilayah," kata Purnomo.

Kepala Staf TNI AU, Marsekal Imam Sufaat, mengatakan TNI AU menginginkan pesawat tanpa awak yang memiliki daya jelajah dan daya tahan yang lama. Dan pilihan itu jatuh pada pesawat tanpa awak asal Filipina yang teknologinya dari Israel. Wakil Menteri Pertahanan, Sjafrie Sjamsoeddin, saat rapat dengan Komisi I, mengatakan akan membeli 4 pesawat intai tak berawak dengan anggaran 16 juta dollar AS.

Sumber

Korea Selatan Publikasikan GPS Guided Bomb Untuk Pesawat KFX

Defense Sciense Institute Korea Selatan atau disebut juga ADD (Agency for Defense Development) telah mengembangkan bom JDAM dengan menggandeng LIG Nex1 yang diberi nama Korean GPS Guided Bom (KGGB ). Bom ini rencananya akan digunakan pada pesawat tempur generesi baru korea selatan KFX yang kini masih dalam tahap pembangunan.








Bom GPS-Guided Korea (KGGB) merupakan bom udara ke permukaan yang dapat dilepaskan dan dipandu melalui GPS dari pesawat tempur. Sistem navigasinya menggabungkan sistem GPS Kit Adapter Wing dengan Inertial Navigation System (INS) . Jarak janggau maksimum dari sistem bom ini adalah 100 km.

KGGB dapat dipasang pada bom seberat 225kg, memungkinkan untuk secara tepat mencapai target tertentu. Sebuah pesawat tempur yang dilengkapi KGGB mampu memukul sasaran baik pada siang hari atau malam hari bahkan ketika target diblokir oleh gunung.

Juru bicara DAPA (Defense Acquisition Program Administration) Baek Yoon-hyung, pada konferensi pers 14 januari 2013, mengatakan, "KGGB menargetkan pengeboman melalui pesawat tempur dari jarak jauh atau tersembunyi di balik bukit."

Seorang pejabat ADD menambahkan, "KGGB mampu bekerja dalam gerakan kurva. Pesawat tempur tua seperti F-4 dan F-5 bisa mendapatkan keuntungan dengan KGGB dipasang pada mereka.


Sumber

CIA Punya Markas Pesawat Tak Berawak di Arab Saudi




Dinas Intelijen Amerika Serikat (CIA) dikabarkan menggunakan wilayah terpencil di Arab Saudi sebgai pangkalan pesawat pengebom tak berawak. Pesawat itu nantinya akan menggelar operasi bombardir di Yaman.

Kantor-kantor berita AS melaporkan keberadaan pangkalahn udara rahasia itu, namun mereka tidak menyebutkan lokasi pangkalan tersebut dengan rinci. Arab Saudi pun menepis klaim mengenai keberadaan pangkalan udara AS. Demikian, seperti diberitakan New York Times, Rabu (6/2/2013).

Pangkalan itu diduga sudah dibangun dua tahun yang lalu untuk memburu militan Al-Qaeda Semenanjung Arab atau yang sering disebut dengan nama Al-Qaeda Yaman. AS dikabarkan sudah menggelar dialog dengan Arab Saudi mengenai penempatan pangkalan udara itu.

Kabar mengenai keberadaan markas militer atau pangkalan udara negara lain di Kerajaan Arab Saudi dipandang sebagai isu yang sensitif secara politik. Meski demikian, negeri penghasil minyak itu adalah salah satu mitra AS.

John Brennan yang dicalonkan sebagai Direktur CIA yang baru akan segera berbicara di depan Senat AS untuk membahas pencalonan itu. Namun belum diketahui, apakah para Senator AS akan bertanya seputar keberadaan pangkalan pesawat tak berawak di negara lain, termasuk Arab Saudi.

Sejauh ini, Brennan tampil sebagai salah seorang yang selalu mengamati militan Al-Qaeda dan dianggap sebagai arsitek kontra-terorisme AS. Brennan pun membuat daftar kematian bagi mereka.

John Brennan juga disebut sebagai salah seorang yang diduga berkecimpung dalam dialog dengan Arab Saudi mengenai lokasi pangkalan pesawat pengebom tak berawak. Meski demikian, Brennan tidak pernah menjelaskan ke publik secara gamblang mengenai pangkalan udara itu.

Sumber